HAMKA


HAMKA (1908-1981) adalah seorang ulama, mubalig, dan pujangga Indonesia asal Minangkabau, Sumatera Barat. Ia merupakan putra H. Abdul Karim Amrullah, pelopor Gerakan Islam Kaum Muda di Minangkabau. Nama sebenarnya adalah Abdul Malik Karim Amrullah. Setelah menunaikan haji pada 1972, namanya berubah menjadi Haji Abdul Malik Karim Amrullah(HAMKA).
Sebagaimana orang Minang, HAMKA telah merantau ke P. Jawa untuk menimba pelajaran tentang gerakan Islam modern. Disana ia berkenalan dengan tokoh-tokoh pergerakan pada waktu itu, seperti H.O.S. Tjokroaminoto, Ki Bagus Hadikusumo, dan A.R. Sutan Mansur.
Pandangan moderat HAMKA membuat ia diterima oleh semua pihak. HAMKA dikenal dengan pidatonya yang menyejukkan hati dan mengobarkan semangat. Sebagai tokoh pembaru, ia menentang domonasi adapt terhadap ajaran agama, terutamadi Minagkabau, seperti pola hubungan kekeluargaan yang bersifat matrilineal(berdasarkan garis ibu).
Sepanjang hidupnya HAMKA dikenal sebagai orang yang rendah hati dan sederhana, HAMKA juga pernah menjadi Imam besar Masjid al-azhar, Jakarta.

Hal-hal yang menarik : 
Selain sebagai ulama dan mubalig, HAMKA juga dikenal sebagai seorang pujangga. Ia banyak menulis cerita pendek dan roman. Ia sempat dijuluki “kiai roman” karena kegiatannya yang dianggap menyalahi tradisi keulamaan. Selain itu, HAMKA pernah menjadi imam besar di Masjid al-azhar, Jakarta.

Istimewa :
HAMKA sudah beberapa kali memangku jabatan sebagai pemimpin Muhamaddiyah.
Pandangan moderat HAMKA membuat ia diterima oleh semua pihak. HAMKA dikenal dengan pidatonya yang menyejukkan hati dan mengobarkan semangat.
Saat Majelis Ulama Indonesia berdiri pada 1975, HAMKA terpilih sebagai ketua umum. Jabatan itu dipegangnya hingga 21 Mei 1961.

Hal yang patut diteladani :
● Pandangan Moderat HAMKA yang membuat ia diterima oleh semua pihak.
● Menjadi ulama dan mubalig. Selain itu, menjadi seorang pujangga.
● Menimba pelajaran tentang gerakan Islam modern

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s