Jangan Sampai Terabaikan ♥ – Pneumonia


Dr. H.M. Subuh, MPPM., Direktur P2ML, Ditjen PP & PL Kementerian Kesehatan RI mengatakan, sejak 1984 Departemen Kesehatan RI sudah memiliki Program P2ISPA (Pengendalian Penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut). “Mulai tahun 2007 dilakukan pengembangan surveilans (analisis secara sistematis dan terus menerus) pneumonia di Puskesma dan RS Sentinel (RS yang mengambil sampling dan mengumpulkan data terhadap suatu penyakit) untuk mendeteksi terjadinya wabah influenza.” ujarnya.

Belakangan, pemerintah semakin giat melakukan percepatan penanggulangan pneumonia untuk mengejar target Millenium Development Goals 1990-2015. Salah satu tujuan MDGs adalah menurunkan angka kematian balita yang tertera pada tujuan ke-4 MDGs.

Hal yang sama pun dilakukan IDAI. Lewat momen World Pneumonia Day (WPD), IDAI semakin giat menanggulangi pneumonia di Indonesia. “Pneumonia merupakan penyakit yang sering terabaikan akibat ketidaktahuan masyarakat, ditambah dengan penanganannya yang kerap todak tepat. Padahal, selain menyebabkan kematian, pneumonia menciptakan beban secara ekonomi dan sosial yang berujung pada siklus kemiskinan,” ungkap Ketua Umum IDAI, Dr. Badriul Hegar, Sp.A (K).

Pemerintah dan IDAI, lanjut Badriul, bertugas menyusun program kesehatan mendukung upaya MDGs. “Anggota IDAI akan membantu menyelesaikan masalah di masyarakat melalui aktivitas UKK berdasarkan teknologi maju dan communtity Based yang berbasis pada kegiatan di masyarakat,” tambahnya. Diharapkan, dengan memperingati WPD, yang tahun ini jatuh pada 12 Desember, pneumonia tidak menjadi “the forgotten killer of disease” atau penyakit yang terabaikaan padahal sangat berbahaya.

(sumber : Nakita)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s